cover
Contact Name
Sofyan Abdi
Contact Email
sofyanabdi.fkip@uia.ac.id
Phone
+6282165079943
Journal Mail Official
journalguidance.fkip@uia.ac.id
Editorial Address
Gd. Alawiyah Lt. 3, Jln. Raya Jatiwaringin No. 12 Pondok Gede, Jakarta, 17411 Tel / fax : 082165079943
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 19786794     EISSN : 27155307     DOI : 10.34005
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult and Elder Counseling #Crisis and Risk Counseling #Occupational Counseling #Cyber Counseling #Technology usage in Counseling #Counseling and Guidance for Special Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR Syari Fitrah Rayaginansih; Ayu Efiani Tohir
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan layanan bimbingan kelompok membantu yang efektif untuk siswa dalam meningkatkan konsentrasi belajar diSMP IT Daarut Taqwa. Penelitian ini menggunakan metode kuasidesain eksperimen dengan nonequivalent control group design.Teknik pengambilan sampel yangdigunakan probability sampling yaitucluster random sampling. Sampeldiperoleh melalui hasil pre test.Populasi berjumlah 81 orang siswakelas VIII. Berdasarkan hasil daripre test tersebut peneliti mengambil53 orang siswa sebagai subjekpenelitian. Subjek dibagi menjadidua kelompok yaitu 26 orangmenjadi kelompok eksperimen dan27 orang menjadi kelompok kontrol.Dari hasil penelitian terlihat bahwathitung≥ttabel.
EFEKTIVITAS PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING Sabar Lesmana; Choirul Syalasin Nisa
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakanpenelitian kuasi eksperimen dengandesain penelitian non equivalentcontrol group design. Subjekpenelitian adalah siswa kelas XI IPSSMAN 01 BABELAN tahun ajaran2016/2017. Subjek penelitian iniberjumlah 118 orang. Subjek dibagimenjadi dua kelompok yaitu 59orang menjadi kelompok eksperimendan 59 orang menjadi kelompokkontrol. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket bullying.Validasi data menggunakan aplikasiSPSS 15. Analisis data menggunakanteknik t-test dengan Ms. Excel danperhitungan manual.Dari hasil penelitian terlihatbahwa thitung≥ ttabel sehingga hipotesisnihil (H0) yang menyatakan“pendekatan analisis transaksionaldengan teknik role playing tidakefektif dalam mereduksi perilakubullying siswa kelas XI IPS SMAN01 BABELAN” ditolak. Kesimpulanpenelitian eksperimen ini pendekatananalisis transaksional dengan teknikrole playing efektif dalam mereduksiperilaku bullying siswa kelas XI IPSSMAN 01 BABELAN
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 18 JAKARTA Salohot Batubara; Fikri Amalia
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemandirian belajar adalahaktivitas belajar yang di dorong olehkemauan sendiri, pilihan sendiri dantanggung jawab sendiri tanpabantuan orang lain serta mampumempertanggung jawabkantindakannya, sehingga siswa mampumelakukan tugas belajar tanpaketergantungan dengan orang lain.Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data-data empiris danmengetahui efektivitas konselingkelompok dengan teknik modelinguntuk meningkatkan kemandirianbelajar siswa kelas XI di MAN 18Jakarta.Jenis penelitian inimenggunakan metode kuasieksperimen dengan desain penelitiannon equivalent control group design.Teknik pengambilan sampel denganmenggunakan purposive sampling.Sampel diperoleh melalui hasilpretest. Hasil dari pretest tersebutpeneliti mengambil 67 orang sebagaisubjek penelitian. Subjek di bagimenjadi dua kelompok yaitu 10orang menjadi kelompok eksperimendan 10 orang menjadi kelompokkontrol.Teknik pengumpulan datamenggunakan instrumen penelitianberupa angket. Jumlah uji cobavariabel Kemandirian belajar (Y)=55item, Terdapat 7 buah item yangtidak valid, yang tersisa sebanyak 48buah item yang akan disebar kepadaresponden. Teknik analisismenggunakan analisis uji t. Darihasil penelitian terlihat bahwathitung≥ttabel.
EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA KELAS XII SMA PUSAKA 1 JAKARTA DALAM MENGHADAPI UJIAN Euis Nurhidayati; Firmanto Na
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitianini bertujuanuntukmendapatkan data-dataempirisdaninformasiefektifitas teknikrelaksasi untuk menurunkankecemasan siswa kelas XII IPS diSMA Pusaka dalam menghadapi ujian.Penelitian merupakan penelitianquasi eksperimen dengan desainpenelitian pretest-posttest controlgroup design. Subjek penelitian adalahsiswa kelas XII SMA Pusaka 1 Jakartatahun pelajaran 2016/2017 yangmemiliki tingkat kecemasan dalammenghadapi ujian baik tinggi maupunrendah. Subjek penelitian iniberjumlah 63 orang yang diambil daripopulasi penelitian sebanyak 126orang. Subjek dibagi menjadi duakelompok yaitu 32 orang menjadikelompok eksperimen dan 31 orangmenjadi kelompok kontrol. Teknikpengumpulan data menggunakanangket kecemasan ujian. Validasiinstrumen menggunakanproductmoment yang diaplikasikan pada ms.Excel, dengan hasil dari 60 butirangket try out diperoleh 31 butir yangvalid dan sisanya 29 data dropsedangkan realibilitas instrumentdianalisis dengan menggunakan alphacronbach dan menghasilkan skor1,0531 yang mengartikan bahwa hasilukur instrument real atau bisaditerima.Analisis data menggunakan teknikttest dengan ms.Excel dan perhitunganmanual. Berdasarkan hasil analisismenunjukkan thitung=1,8734ttabel=1,7033 dengan taraf signifikan (α= 0,05)dk = n1 + n2 -2 = 32+ 31 – 2 =61. Dari hasil penelitian terlihat bahwathitung≥ ttabelsehingga hipotesis nihil(H0) yang menyatakan “Teknikrelaksasi tidak efektif untukmenurunkan kecemasan siswa kelasXII SMA Pusaka dalam menghadapiujian” ditolak. Sedangkan hipotesisalternatif (Ha) yang menyatakan“Teknik relaksasi efektif untukmenurunkan kecemasan siswa kelasXII SMA Pusaka dalam menghadapiujian” diterima
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL Amir Erwin; Halida Triadara
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan layanan bimbingankelompok yang dapat membantusiswa mereduksi kecemasan dalammenghadapi ujian nasional.Khususnya untuk mengetahuiefektivitas bimbingan kelompokdengan teknik desensitisasisistematik untuk Mereduksikecemasan siswa dalam menghadapiujian nasional di SMK As-Sa’adah.Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif menggunkanmetode kuasi eksperimen dengandesain nonequivalent control groupdesign. Teknik pengambilan sampelyang digunakan probability samplingyaitu cluster random sampling.Sampel diperoleh melalui hasil pretest. Populasi berjumlah 61 orangsiswa kelas XII AK. Berdasarkanhasil dari pre test tersebut penelitimengambil 39 orang siswa sebagaisubjek penelitian. Subjek dibagimenjadi dua kelompok yaitu 19orang menjadi kelompok eksperimendan 20 orang menjadi kelompokkontrol.Teknik pengumpulan datamenggunakan instrumen penelitianberupa angket. Berdasarkan hasil ujicoba angket kecemasansebanyak 85 item, terdapat 20 itemyang tidak valid, item yang tersisasebanyak 65 item yang akan disebarkepada responden. Teknik analisadata menggunakan Uji T.

Page 1 of 1 | Total Record : 5